Istilah-Istilah dalam Pembuatan Website

Assalamu’alaikum sahabat,,,

Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih sudah tertarik untuk belajar bareng tentang bagaimana cara mudahnya untuk membuat sebuah website. Dan tentu dalam hal ini untuk keperluan bisnis, maka di lanjutkan materi facebook ads. Jadi, nanti dalam pembelajarannya termasuk bagaimana mengkoneksikan antara website dengan facebook ads.

Doakan, semoga saya sehat selalu dan tidak ada halangan selama pembelajaran ini. Agar berbagi manfaat ini bisa terus di rasakan untuk mereka yang sedang ingin belajar membuat website dan facebook ads, termasuk diri Anda.

Baiklah, materi ini akan memudahkan Anda agar familiar dengan istilah-istilah yang biasanya sering muncul jika Anda ingin membuat sebuah website. So, perhatikan ya… Sedikit kok. Sekarang boleh tarik nafas yang dalam dulu dan Anda akan lebih rileks. Mudah-mudahan ini merupakan awal dari perubahan besar dalam diri Anda. Amin…

Berikut Poin-Poin yang akan kita bahas dalam tulisan perdana ini.

  • Apa Itu Domain?
  • Apa Itu Hosting?
  • Apa itu cPanel?
  • Apa Itu PHP, HTML, CSS, dan JS?

Apa Itu Domain?

Domain adalah sebuah nama yang di berikan sebuah alamat website. Misalnya facebook.com, google.com, twitter.com, juragancloud.com, yahoo.com dan lain sebagainya. Untuk memilih sebuah domain kita harus membeli ke Registrar. Di dalam domain ada yang namanya ekstensi, seperti .com, .id, .net, .org. Yang demikian itu namanya ekstensi Top Level Domain atau TLD.

Tak perlu bingung misal ini masih sesuatu yang baru untuk Anda. Yang penting Anda sekarang tahu, jika domain itu adalah alamat website. Misal Anda punya bisnis Laundry Tiara Anda bisa menggunakan LaundryTiara.com. Paham ya…?

Apa itu Hosting?

Pernah browsing kan? Pas baca artikel sebuah blog misalnya, disana ada tulisan, gambar, dan lain sebagainya kan? Nah, hosting itu adalah sebuah tempat dimana file-file si website tersebut. Nah, perlu Anda tahu juga, sebuah website itu tampil rapih karena memang di atur menggunakan kode-kode yang di mengerti oleh browser. Seperti chrome, firefox dan lain sebagainya.

Selain gambar, di sebuah website itu biasanya ada file-file program yang membangun website tersebut, ada html, css, js, php dan mungkin file bahsa program yang lain. Nanti saya jelaskan lebih lanjut tentang ini. Santai saja, lanjutkan membacanya.

Apa itu cPanel?

Nah, ini paling keren. cPanel ini adalah sebuah merek software untuk mengelola hosting kita. Ada juga software control panel yang lain seperti plesk. Namun yang lebih familiar adalah cPanel ini. Banyak sekali software pengelola hosting. Anda cukup pelajari cPanel saja. Cukup.

Apa saja sih di dalam cPanel itu?

Disana tidak hanya untuk mengatur file-file websitenya, tapi lebih dari itu. Membuat alamat email. Misal untuk domian juragancloud.com karena sudah didaftarkan di sebuah server hosting maka bisa membuat alamat email juga serperti mbahkakung@juragancloud.com, info@juragancloud.com, dan lain sebagainya. Lebih keren kan? Keliatan kalau bukan gratisan. 😀

Apa itu PHP, HTML, CSS dan JS?

Ke semuanya itu adalah bahasa pemrograman web. PHP yang merupakan hypertext preprocessor disebut server side program. Jadi program yang berada di sisi server. Jadi ini bekerja untuk pemrosesan data. Biasanya duet dengan MySQL untuk database.

Jadi untuk web dinamis yang menyimpan data pelanggan, produk, dan lain sebagainya itu dia di simpan dalam sebuah database.

Untuk HTML, CSS, dan JS ini bahasa pemrograman di sisi client. Jadi untuk mengatur tampilan ketika visitor mengakses. Jadi bahasa mereka yang mengolah si browser. Tenang, tak perlu Anda tahu teknisnya untuk materi cara membuat website yang saya bawakan nanti. Anda akan merasakan sensani kemudahan yang “wow” Insya Allah. Yang perlu Anda tahu hanyalah mengetahui tanda jenis file tersebut dan fungsinya saja.

Bagaimana Membedakan File nya?

Good! Untuk file php dia akan berakhiran/berekstensi .php. Misal index.php. HTML ya “.html”, Untuk css ya “.css” Misal Style.css. Dan JS/JavaScript dia akhirannya “.js”. Misal alert.js.

Fungsi PHP untuk memproses data, HTML untuk mengatur Layout, CSS untuk pemformatan/mempercantik. JS untuk menambahkan fungsi tertentu.

Itu dulu ya sebagai dasar pengenalan. Tak perlu bingung jika masih ada yang belum bisa di pahami. Karena nanti tidak begitu penting waktu praktek, tapi akan memudahkan jika ada kendala. Begitu ya, sampai ketemu di materi selanjutnya.

Besok, langsung praktek Insya Allah. Saya berikan video tutorialnya kemudian Anda bisa praktek secara live bagaimana Anda tak perlu pengetahuan tentang coding tetap bisa membuat website dengan cepat dan hasilnya keren. Insya Allah. Kabar baiknya juga, saya sudah siapkan tempat untuk Anda bisa praktek. Enak kan?

Sampai besok ya… 🙂